GO UP

Tips Praktis Mengecat dan Merawat Peralatannya

Membersihkan Peralatan Cat 
Bersihkan kuas cat, rol, wadah cat, alat pengikis, dan semua alat yang Anda gunakan untuk mencegah cat mengering dan mengeras permanen pada alat-alat ini. Gunakan air sabun yang hangat untuk menghilangkan cat lateks. 
Untuk cat minyak, rendam alat dalam bahan pencair cat atau mineral beralkohol, lalu cuci dengan sabun dan air. Ikuti petunjuk pada kemasan bahan pencair. Setelah dibersihkan, tepuk-tepuk kuas untuk membuang sisa air dan peras rol agar lebih cepat kering. Untuk mencegah karat, pastikan peralatan benar-benar kering sebelum Anda menyimpannya.

 

Menyimpan Sisa Cat
Simpan sisa cat Anda dengan baik untuk proses touch-up di masa depan. Usap hingga bersih bagian luar dan pinggiran kaleng. Segel kembali kaleng cat dengan palu karet. Jika sisa cat masih sangat sedikit atau kurang dari satu liter, pindahkan ke wadah kaca. Beri label setiap wadah dengan tanggal dan ruang yang memakai cat tersebut. Simpan di tempat yang kering dan sejuk.

 

Mencabut Plester
Lipat tepi kain, lembaran plastik, atau koran yang digunakan untuk menutupi dan melindungi lantai dan furnitur ke arah tengah untuk menghindari tetesan dan tumpahan cat. 
Biarkan cat mongering sebelum mencabut plester di sekitar lis jendela dan pintu. Tapi jangan membiarkan plester menempel terlalu lama, karena cat mungkin akan terkelupas saat Anda mencabut plester. Cabut plester dengan lembut dan jangan mencabutnya secara cepat agar cat tetap halus dan bersih sempurna.

 

Membersihkan Noda Cat
Jangan khawatir akan noda cat yang mengering karena Anda dapat membersihkannya dengan mudah. Caranya, gunakan kain lembut, basahi dengan air sabun yang hangat. Untuk cat minyak, gunakan kain dan bahan pencair cat untuk melunakkan dan menghilangkan noda cat yang telah mengering. 
Untuk noda cat membandel pada kayu, keramik, atau lantai vinil, bungkus pisau dengan kain dan kikis noda secara lembut agar tidak menggores lantai Anda.

 

 

TIPS!

Untuk Mempertahankan bentuk kuas, bungkus tiap kuas dengan kertas lilin dan ikat dengan karet.