GO UP

GREASE AWAY

+

Apakah Anda gemar memasak? Jika iya, Anda pasti juga selalu menggunakan kompor. Kompor yang terus-menerus digunakan biasanya akan kotor, terutama karena terkena cipratan minyak. Sebelum semakin sulit dibersihkan, mulai sekarang lebih baik Anda membuat jadwal rutin membersihkan kompor.

KOMPOR GAS

Rendam corong api (burner) di wastafel atau baskom berisi air panas selama beberapa menit. Sikat port api untuk mengatasi penyumbatan. Bilas corong api dengan air dingin. Keringkan corong api dalam posisi terbalik, bersihkan dengan handuk dan biarkan mengering. Lakukan hal yang sama pada tungku kompor. Jika terdapat jelaga, atau sisa makanan dan minyak yang sudah terlalu lengket, rendam tungku di air panas dengan waktu lebih lama.

KOMPOR LISTRIK

Kompor listrik konvensional memiliki permukaan yang solid. Gunakan campuran air panas dan sari lemon, bersihkan permukaan kompor dengan alur melingkar. Usap dengan handuk basah dan biarkan mengering.Melapisi permukaan kompor dengan lapisan tipis minyak goreng tidak hanya membuat kompor tampak mengilap, tapi juga akan mencegah karat.

KOMPOR INDUKSI

Kompor jenis ini lebih mudah dibersihkan karena makanan atau cipratan minyak yang tumpah tidak akan membakar permukaan kompor. Namun, permukaan bermaterial kaca atau keramik rentan terhadap goresan, jadi hindari menggunakan pembersih yang menyebabkan abrasi. Gunakan sabun dan air hangat, usap dengan kain lembut atau spons. Bilas dan keringkan permukaan, lalu bersihkan dengan cuka putih dan lap dengan kain bersih agar kompor tampak semakin berkilap.

KOMPOR KERAMIK

Kompor gas dan listrik terbaru hadir dengan permukaan keramik. Meski memiliki permukaan yang klimis, Anda tetap harus membersihkan goresan dan noda. Jika Anda belum sempat membeli pembersih khusus kompor, Anda dapat mencoba alternatif cuka hangat. Cara ini sama efektifnya dengan pembersih khusus dalam menghilangkan goresan dan noda gelap. Pastikan Anda menggunakan kain microfiber saat membersihkan kompor ini.

 

Tips!

Anda dapat membersihkan percikan minyak di stainless steel atau enamel kompor menggunakan garam. Taburi garam pada percikan minyak selagi kompor dalam keadaan hangat, dan biarkan hingga kompor mendingin. Usap permukaan kompor yang telah ditaburi garam, tambahkan air jika diperlukan.