GO UP

Kohler Bold Design Awards Perdana di Indonesia

         
Tim juri & perwakilan Kohler

Kohler memberi penghargaan kepada proyek-proyek paling bergengsi di industri desain wilayah Asia Pasifik dalam Kohler Bold Design Awards (KBDA) 2018. KBDA tahun ini menargetkan proyek dan arsitek ritel, desainer, serta pengembang yang berani tampil beda di industri ini. Melalui penghargaan ini diharapkan dapat mengembangkan praktik profesional dan standar desain di Asia Pasifik. Sebagai informasi, Kohler merupakan perusahaan global yang telah berdiri sejak 1873 di Wisconsin yang memproduksi produk-produk dapur-kamar mandi, mesin-sistem tenaga, lemari kabinet-ubin; serta pemilik/pengelola dua destinasi hotel dan resort golf bintang lima terbaik dunia di Kohler, Wisconsin, dan St. Andrews, Skotlandia.

          Untuk karya desain yang memenuhi syarat, pada September 2018 lalu telah mencapai 240 karya dari 300 lebih total karya yang masuk dari desainer-desainer di seluruh Indonesia yang kemudian bersaing untuk memperebutkan berbagai kategori penghargaan. Tak kurang dari 140 arsitek dan firma desain yang berpartisipasi selama 120 hari periode pendaftaran.

           Adapun yang bertindak sebagai tim juri adalah lima arsitek dan desainer internasional dan Indonesia. Mereka telah berpengalaman dalam mengevaluasi dan memilih proyek interior dan arsitektur ternama. Mereka adalah Alexandra Champalimaud, pendiri studio Champalimaud yang berbasis di New York; Tony Chi, pendiri studio Tonychi yang sering memenangi penghargaan dan berbasis di New York; Hidajat Endramukti, pendiri dan principal dari Budipradono Architects; Andra Matin, pendiri Andramatin; dan Faried Masdoeki, Direktur Desain di Hadiprana.

           Acara puncak penghargaannya sendiri diadakan pada Jumat, 8 Maret 2019 di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski. Sebanyak 11 pemenang telah menerima penghargaan di hadapan ratusan tamu, termasuk CEO Kohler Co., David Kohler, jajaran eksekutif manajemen global, para nominator, juri, media, desainer terkemuka, dan pengembang properti.

          Kategori-kategori pada Kohler Bold Design Awards termasuk ‘Living’, untuk sektor yang mewakili arsitek dan proyek desain interior di condo apartment, vila, urban dan resort, serta leisure, dan culture. Sementara itu, kategori ‘Influencers’ dan ‘Rising Talents’ adalah kategori yang menargetkan setiap prodigy, ikon, dan bakat di industri. Sebanyak 11 penghargaan dianugerahkan kepada pemenang KBDA 2018, yaitu sebagai berikut:

 

 

 

 

1. Living: Condo Apartment Architect: Award: Saumata Apartment, PT Aboday Design, Developer: PT Sutera Agung Properti.

2. Living: Villa Architect Award: Green House, Wiyoga Nurdiansyah Architect.

3. Travel: Urban & Resorts Architect Award: Maya Sanur, Denton Corker Marshall Jakarta, Developer/Operator: PT Maya Sanur.

4. Living: Condo Apartment Interior Design Award: “Keraton” Residences, Genius Loci.

5. Living: Villa Interior Design Award: M House, Grain & Green.

6. Travel: Urban & Resorts Hotel Interior Design Award: The Langham SCBD (Jakarta) Smallwood Reynolds Stewart Stewart.

7. Leisure: Gormeteria Restaurant, Domisilium Studio.

8. Culture: Gereja Ouikemene, TSDS Interior Architects.

9. Influencers: Adi Purnomo, Mamostudio.

10. Rising Talent: Wiyoga Nurdiansyah, Wiyoga Nurdiansyah Architect’.

            Anugerah tertinggi pada malam penghargaan ini adalah John Michael Kohler Lifetime Achievement Award yang diberikan kepada Ing. Hendra Hadiprana oleh David Kohler, President & Chief Executive Officer Kohler Co. atas kontribusi yang luar biasa terhadap industri desain di Indonesia. Ia menunjukkan pendekatan yang konsisten, bold, dan berani dalam praktiknya di bidang arsitektur dan desain interior sehingga menginspirasi yang lainnya melalui kemampuan, pengetahuan, dan wawasan.

 

teks & fotografi FIVI ANJARINI & TIM KOHLER/PR