GO UP

Inilah Desain Hunian yang Bisa Digunakan sebagai Home Office

 

WHO LIVES HERE Pasangan desainer interior.

HOME Apartemen HBD empat  ruangan di Pinnacle @ Duxton, Singapura.

SIZE 95 m2.

 
 

Sujono Lim dan Molina Hun membeli sebuah unit di Pinnacle @ Duxton tidak saja untuk rumah mereka, tapi juga untuk studio untuk Sujonohun Design & Concept, sebuah jasa desain yang mereka dirikan. 

Flat ini adalah home office kami. Sebagai rumah, kami ingin rumah ini nyaman dan simpel. Sebagai kantor, kami ingin rumah ini menjadi showroom yang bersahaja tempat klien dapat berkunjung atau tempat kami dapat mengadakan meeting,” kata principal director Sujono.

 

Dengan landasan pemikiran ini, mereka mengambil langkah berani dengan merobohkan dinding di satu sisi kamar tidur dan dapur, mentransformasi ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan kamar tidur, dan kamar tidur menjadi satu ruangan besar yang mereka sebut sebagai “The Communal”.  “Daripada ruang bersekat-sekat bergaya tradisional, kami lebih memilih area kerja yang terdefinisi, zona bersantai dan bermain, tanpa penghalang fisik dan visual,” ujar Mollina, sang creative director.

 

Unsur terpenting di dalam ruang lapang ini adalah meja laminasi hitam matte 2.85 m yang dilapisi baja dengan base teraso di kedua sisinya, dan satu lagi yang paling besar juga digunakan untuk island dapur.  Sujono dan Molina tidak mendesain base meja di bagian bawah, melainkan di sisi-sisi ujungnya sehingga tercipta efek mengambang. Hal ini juga mengurangi kesan panjang serta menghindari dominasi sebuah ruang. Hasilnya adalah sebuah meja makan yang juga berfungsi ganda sebagai meja meetingPasangan ini tidak menuruti tren, melainkan mengikuti sesuai dengan kebutuhan mereka “Kami melakukan yang terbaik untuk kami,” ujar keduanya.


 

Apakah Anda memasang taget pada proyek rumah Anda ini?

Kami ingin kejujuran, rumah fungsional yang merefleksikan individualitas dan preferensi kami.

Apa konsep keseluruhan desain interiornya?

Kebebasan yang bersahaja.

Apa gaya desain spesisfik yang ada dalam pikiran Anda, atau visi secara keseluruhan?

Kami tidak membatasi desain pada gaya tertentu. Karena ini rumah kami, kami berlatih untuk bebas pada konsep, perubahan, atau memadukan ide kami untuk mendapatkan sesuatu yang nyaman. Ini seperti latihan mengontrol desain eksperimental buat kami.

Apakah ada konsensus pada arahan desain, atau apakah Anda dapat berkompromi?

Ini lebih kepada kolaborasi dibanding kompromi. Untungnya, kami sama-sama memiliki spesialisasi khusus ketika menyangkut dengan desain (Sujono lebih kepada denah ruang, sementara Molina lebih kepada pemilihan material).

Apakah ada ide desain yang ingin Anda eksplor?

Fungsi diutamakan pada desain kami dan kami juga mempertanyakan norma pada umumnya. Misalnya, tipikal apartemen, kami memiliki sofa menghadapi dinding dan kami menyebutnya sebagai ruang keluarga. Apakah selalu harus seperti itu? Kami juga menyadari bahwa dalam kasus kami, makan malam merupakan ritual penting setelah hari kerja yang sibuk, kemudian kami tempatkan meja makan panjang di tengah-tengah, yang memotong ruang. Tetapi untuk menyebutnya sebagai ruang makan tidak tepat karena fungsinya lebih dari sekadar tempat makan. Jadi, ada batas kabur antara ruang keluarga, ruang makan, dan dapur, semacam struktur spasial.

 

Apa saja tantangan yang kalian hadapi?

Terlepas dari beberapa masalah area yang terbatas yang sudah ada, proyek keseluruhan berjalan lancar, terima kasih kepada usaha dari semua orang, terutama kontraktor kami, BM Best Renovation. Kami tidak dapat mendefinisikan betapa pentingnya kolaborasi antara desainer, kontraktor, dan supplier. Komunikasi adalah kunci untuk memahami apa yang dapat dicapai dan apa yang dapat dimaksimalkan, sebelum mengikuti arahan detail desain yang bervariasi.

Ceritakan kami tentang Sujonohun Design & Concept!

Kami fokus dalam membuat konsep desain yang baik sebagai jawaban atas arahan klien kami dibanding menerapkan ide atau gaya untuk mereka. Hasil karya kami kami termasuk apartemen dan rumah, dan kami juga menangani proyek komersial F & B.

Apa dinamika bekerja sebagai tim suami istri, baik depan rumah maupun di tempat kerja?

Kami berdua beruntung dapat berbagi kesamaan minat dan saling mendukung satu sama lain.

               

Untuk setiap proyek, kami sama-sama menyetujui harus ada salah satu dari kami yang memimpinnya, sementara yang lainnya mendukung. Hal seperti ini membuat segalanya lebih jelas dan menghindari ketidakfokusan ide.

 

WHERE TO GO

Sujonohun Design & Concept,

hun@sujonohun.com, lim@sujonohun.com

 

teks LYNN TAN alih bahasa FIVI ANJARINI foto VERNON WONG AKIHAUS art direction YEW XIN YI