GO UP

Hunian Arsitek Ternama Italia yang Bercita Rasa Seni Tinggi

 

 

Teresa Sapey, seorang arsitek asal Italia dan desainer berbasis di Madrid, telah memiliki karier mendesain untuk klien-klien eksklusif lebih dari 25 tahun. Di antaranya adalah brand seperti Bulgari, Citroen, dan Disney, dan ia telah dianugerahi beberapa penghargaan, di antaranya dari Architectural Digest, Wallpaper, dan Elle.

Kota Spanyol yang ia sebut sebagai rumah adalah tempat sebagian besar Teresa hasil karyanya, termasuk juga rumahnya sendiri, Casa Teresa Sapey. Terletak di Los Jeronimos, salah satu dari lingkungan tereksklusif di Ibukota, tempat tinggal Teresa bagaikan mikrokosmo dunianya. Dinding, lantai, dan ruangan bagaikan kanvas putih baginya, sehingga ia dapat menciptakan mahakaryanya.

 

                        

“Saya sendiri banyak memiliki berbagai jenis furnitur dan furnitur tersebut didesain oleh saya. Saya juga memiliki koleksi seni kontemporer, serta lukisan. 

Saya ingin menggabungkan semua yang saya sukai ke dalam sebuah ruangan putih, di mana saya dapat memajangnya, tapi dalam waktu bersamaan, saya ingin tempat ini juga dapat digunakan untuk bersantai,” jelas Teresa.                

Apartemen seluas 150 m2 di lantai teratas ini menghadap Retiro Park. Dari ruang tamu yang, kita dapat menikmati pemandangan taman. Dinding-dinding, lantai, plafon dan bahkan furnitur hampir semuanya putih. Sebagai kontras latar putih ini, dihadirkan komposisi modern dan furnitur antik dengan perpaduan gaya dan warna mencolok.

Ruang kerja-ruang tamu pada bangunan awal telah diubah menjadi ruang makan. Sekali lagi, ini bagaikan sebuah ekshibisi furnitur dan karya seni terbaik dari masa yang berbeda, yang diselubungi area putih.

 

                

Teresa mendesain khusus dapur dengan sapuan garis horizontal berwarna kuning yang membentang di bagian dapur dan selanjutnya mengarah vertikal ke dinding di belakangnya. “Dapur ini memiliki ciri yang fungsional dan berwarna hangat,” kata Teresa.

Kamar tidur utama telah didesain lebih privat dan intim. Ruang ini dapat dilihat melalui palet warna, material, dan furnitur. Di lantai, atas hingga bawah berwarna putih, dibalut karpet permadani warna-warni  karya Teresa, yang terbentang hingga ke kamar mandi. Tempat tidur putih bagaikan aksen yang kontras bagi furnitur, objek, dan karya seni berwarna berani di kamar tidur ini.

Teresa mengungkapkan bahwa desain dari rumahnya sedikit berbeda dari proyeknya selama ini. “Rumah saya adalah untuk saya seutuhnya. Ini adalah planet tempat saya merasa bebas dan menyimpan kenangan.”

 

 

WHERE TO GO

Teresa Sapey Architecture

Studio, www.teresasapey.com

 

Teks: Lynn Tan. Alih bahasa: Ifah Lestaluhu