GO UP

7 Ide Membuat Hunian agar Lebih ‘Hijau’ dan Instagrammable

+

Awal tahun merupakan kesempatan yang baik untuk membuat hunian lebih nyaman lagi untuk semua anggota keluarga agar betah di rumah. Dan, sudah hakikatnya manusia cenderung akan kembali ke alam. Oleh karena itu, menghadirkan tanaman sebagai bagian dari alam di dalam hunian merupakan hal yang paling mudah untuk membuat kita lebih dekat dengan alam. Selain menghasilkan oksigen yang kita butuhkan, kehadiran tanaman membuat pikiran lebih rileks.

                                

Berikut ini adalah inspirasi untuk membuat hunian lebih hijau dengan menghadirkan tanaman di berbagai ruang di rumah Anda tanpa terkesan berlebihan.

1. Ruang makan

 

Foto: John Lewis

Berbagai tanaman dalam pot-pot dan tanaman gantung di sekitaran meja makan secara instan membuat acara makan Anda serasa seperti di taman. Jika Anda memiliki banyak jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk, hal ini dapat dilakukan karena tanaman seperti ini membutuhkan sinar matahari untuk tetap tumbuh.  Ketekunan Anda merawat tanaman dan menjaga kebersihan juga sangat dibutuhkan.

 

2.  Ruang keluarga

 

Foto: Pixers

Sebagian besar dari Anda mungkin menghabiskan waktu bersama anggota keluarga dan teman-teman maupun saudara di ruangan ini. Suasana akrab makin terasa menyenangkan dengan kehadiran koleksi tanaman  favorit, dan ini tentu bisa Anda jadikan bahan untuk memulai obrolan. Anda juga dapat menambahkan pajangan lain di rak, seperti foto kenangan, vas maupun benda favorit lain, seperti cangkir atau cenderamata.

 

3.  Kamar mandi


Foto: John Lewis
 
Siapa bilang kamar mandi tidak bisa disulap menjadi lebih ‘hijau’? Dengan banyaknya pilihan tanaman hias, Anda dapat membuat kamar mandi Anda lebih menyenangkan dengan beraneka tanaman. Letakkan tanaman dalam pot mungil di ambalan-ambalan atau rak dan tempat lain yang Anda sukai untuk pengalaman mandi seperti di alam terbuka.

 

4.  Kamar tidur

 

Foto: Mark & Spencer

Tentu menyenangkan ketika Anda dapat menghirup udara segar dan mencium aroma bunga yang baru saja mekar saat Anda membuka mata di pagi hari. Seperti melanjutkan mimpi indah yang tidak ingin Anda akhiri saat fajar tiba. Namun, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan pot dan merawat tanaman Anda agar tidak menimbulkan sarang penyakit.

 

5.  Ruang kerja


Foto: George Home

Bekerja dari rumah makin banyak dilakoni di era saat ini. Tentu sangat penting untuk menciptakan ruangan kerja yang nyaman dan tidak membosankan. Coba letakkan pot-pot mungil berisi tanaman hias di ambalan dan meja (Anda juga dapat menambahkan tanaman imitasi untuk hiasan) dan biarkan inspirasi datang dengan sendirinya saat Anda bersandar di kursi kerja.

 

6. Teras

 

Foto: Nest

Di tempat ini jenis tanaman yang bisa aplikasikan bisa lebih beragam, terutama untuk yang memiliki teras yang luas. Tanaman rambat di dinding maupun fasade bangunan akan membuat tampilan hunian makin cantik, namun pastikan Anda rutin merapikan tanaman ini agar tidak terlalu menjadi semak-belukar. Bila Anda kurang telaten untuk pemeliharaan tanaman rambat, jenis tanaman palem atau tanaman buah dalam pot bisa menjadi pilihan.

 

7. Ruang utilitas

 

Foto: Tom Tailor

Agar aktivitas di ruang ini menjadi jauh lebih menyenangkan, Anda dapat meletakkan berbagai koleksi tanaman Anda di sini. Ruang ini bisa juga dimanfaatkan sebagai ‘kebun mini’ jika Anda memiliki space yang cukup luas. Tambahkan wallpaper dedaunan atau yang bertema tropikal untuk mendukung atmosfer hijau di ruang ini.

 

teks & riset FIVI ANJARINI