GO UP

Trik Pintar agar Aktivitas Mencuci Lebih Praktis & Efisien

Kegiatan yang satu ini memang paling membutuhkan perhatian khusus agar tidak menguras tenaga, terlebih jika Anda bekerja full time. Berikut ini langkah-langkah mudah yang dapat membantu meringankan kegiatan mencuci-menyetrika Anda.

 

 

Foto: Garden Trading

 

 

 

1. Cara untuk menghindari pakaian dari penyusutan

 

Foto: Norsu Interiors

Menggunakan mesin pengering memang membuat pakaian cepat kering, tapi perhatikan cara untuk menghindari baju dari penyusutan. Selain mengecek label pakaian dan memilih pengaturan suhu untuk material lembut, penting juga untuk tetap memastikan penutup mesin pengering itu tertutup rapat. Hal ini untuk menghindari perubahan suhu yang mendadak, menjaga pakaian Anda tetap dalam kondisi baik. Pilih putaran yang pelan juga, sebab ini akan membantu mempertahankan bentuk pakaian.

 

2. Trik menghindari keruwetan botol detergen

Pastikan area mencuci Anda rapi dan higienis, tidak berantakan. Jangan biarkan botol detergen bertebaran. Daripada membiarkannya berantakan, gunakan dispenser cantik yang serasi dengan interior Anda. Detergen juga dengan mudah Anda gunakan saat diperlukan, daripada meletakkan botol detergen besar dan memberatkan mesin cuci Anda

 

3.  Cara mencuci dan mengeringkan pakaian dalam

 


Foto: Calibre8 Pty Ltd

Beri perhatian khusus kepada pakaian berbahan lembut seperti pakaian dalam ketika memasukkannya ke mesin cuci dan pengering. Selalu gunakan laundry bag untuk item yang kecil agar mereka tidak menyangkut di baju lain atau menjadi melar saat dicuci maupun dikeringkan. Jangan memasukkan terlalu banyak bahan di dalam laundry bag agar item di dalamnya tercuci dengan baik.

 

4. Cara menyingkat waktu menyetrika

 

 

Foto: Sophie Allport

Ada banyak hal yang dapat Anda untuk menyingkat waktu menyetrika, sehingga Anda dapat melakukan hal-hal yang Anda sukai, seperti meluangkan waktu bersama keluarga dan teman. Ketika menyuci pakian, pilihlah kecepatan yang  lambat (1200 revolusi per menit, atau kurang dari ini), sehingga hasil cucian lebih sedikit kusutnya. Beberapa mesin pengering juga ada yang anti-kusut, jadi manfaatkan hal ini! Tentu juga penting memilih setrika yang efisien dan awet. Jika Anda merasa tak tidak nyaman saat menyetrika dan sering sakit punggung, ini saatnya mengganti dengan papan setrika yang benar. Pastikan juga semuanya mudah terjangkau dan lengkap dalam satu perangkat.

 

5.  Tips melipat dan menyimpan pakaian setelah dicuci dan disetrika

 

Foto:  Go Modern

Kelembapan dapat menyebabkan masalah, seperti pakaian lembap yang bisa berjamur. Pastikan selalu cucian Anda dalam kondisi kering saat ingin dimasukkan ke dalam lemari, terutama di bagian kerah dan lipatan pada pergelangan tangan pada baju berlengan panjang. Jika perlu diangin-anginkan dulu sebelum ditaruh. Selain itu, untuk menghindari pakaian terlipat terlalu rapat (kondisi ini terjadi jika kurang sirkulasi udara), letakkan silica gel untuk menyerap kelembapan dan pastikan tetap berudara sehingga mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur.

 

* Mau tahu lebih banyak lagi tips mencuci dan menyetrika yang lebih detail. Temukan dalam majalah kami versi digital, klik ini.

 

teks: TIM HOME & DÉCOR SG

alih bahasa & riset foto: FIVI ANJARINI