GO UP

Profil: Hendro Santoso - Local Designer Goes International

+

 

Ketertarikaan Hendro pada material kayu sebagai material utama furnitur begitu besar, terutama kayu yang berbentuk batangan. Ia melihat keindahan dalam sebuah bongkahan kayu dan menemukan cara untuk mengolahnya menjadi lebih bernilai dan memiliki estetika yang lebih tinggi dari sebelumnya. Bahkan, ia tak segan-segan menghabiskan waktu yang panjang untuk mengolahnya demi mencapai kualitas yang diinginkannya.

Diawali dengan koleksi pertamanya, Casaka, yaitu berupa kursi dan meja multifungsi, dibuatnya di tahun 2015 bersama Silvi Santoso di studio mereka. Selanjutnya mereka mengembangkan desain dari  seri Casaka ini, yang diberi nama ‘Arus’. Seperti namanya, koleksi ini terinspirasi oleh arus dan karakter air terjun, sehingga bagian yang memiliki tepian tajam diubahnya menjadi membulat. Selain memberi kesan modern dan ergonomis, piggiran bulat juga baik untuk aspek keamanan.

   

Arus Dining Table karya Hendro Santoso yang terinspirasi dari air terjun



 Pigura Dining Chair terbuat dari kayu solid memiliki konsep simpel dan elegan

Saat ini ia menggunakan kayu solid yang berasal dari sumber kayu di Indonesia yang memilki bersertifikat resmi, sehingga ketika digunakan, maka pohon tersebut akan digantikan dengan pohon baru atau memiliki keberlanjutan dari segi sumber materialnya. Berbagai hasil karyanya kini juga dapat ditemui di showroom interior ternama di Indonesia.

        


Kula, yang berasa dari bahsa Sansekerta yang berarti keluarga dapat digunakan sebagai bench maupun meja.

 

teks FIVI ANJARINI referensi & fotografi DOK. BEKRAF