GO UP

Apartemen di London: Modernitas yang Terbalut Kebersahajaan

+

 

WHO LIVES HERE Keluarga modern yang menyukai traveling dan benda-benda seni.

HOME Apartemen tiga kamar tidur di Gasholders London, Inggris.

SIZE 144 m2.

               

 

Berlokasi di Kings Cross, London yang dikelilingi dengan gedung-gedung tinggi di sekitarnya, mendapati sebuah apartemen yang bermandikan cahaya matahari bagaikan menemukan sebuah oase di padang pasir. Detail shutter pada jendela kaca di berbagai ruang membentuk bayangan-bayangan cantik yang memberi aksen manis pada ruangan di dalamnya. Ditambah desain denah apartemen ini yang berkonsep open space, membuat apartemen terasa lebih lapang selain terang. Pemilihan desain ini terasa sangat tepat untuk mengimbangi furnitur-furnitur di dalamnya yang didominasi oleh warna-warna yang berani dan solid.

 

                

 

Hunian ini sendiri merupakan salah satu apartemen dari 145 apartemen di komplek apartemen Gasholders London yang memiliki lobi, area meeting, area hiburan, spa, hingga taman publik di bagian rooftop-nya. Meski demikian, setiap apartemennya memiliki karakter desain yang berbeda, sesuai preferensi penghuninya masing-masingSebagai informasi, bangunan apartemen yang berdesain agak membulat ini didesain oleh arsitek Wilkinson Eyre, sementara untuk desain interior ditata dengan penuh pertimbangan oleh No. 12, biro konsultan desain berbasis di London yang dikepalai Katie Earl dan Emma Rayner.

               

Katie dan Emma menerapkan gaya kontemporer dengan sentuhan maskulin dan klasik di apartemen ini.  Furnitur-furniturnya sebagian besar didesain khusus agar sesuai dengan gaya yang ingin diciptakan. Seperti di ruang makan, kursinya dibuat khusus oleh desainer furnitur asal Inggris Tom Faulkner, dan dilapisi kain monokrom bermotif dog-tooth dari Pierre Frey. Dan untuk melengkapi tema British heritage, lampu gantung di atas meja makan didesain oleh desainer kenamaan Michael Anastassiades.

 

                

 

Untuk melengkapi semua interior sesuai dengan keinginan klien, dibutuhkan waktu selama setahun mulai dari membuat furnitur custom, membeli aksesori dan benda-benda seni, hingga menatanya di seluruh ruangan di apartemen ini. Namun, semua ini sungguh tidak sia-sia, karena sesuai dengan ekspektasi…klasik dan cantik. Contohnya saja kursi beludru yang diletakkan di dekat pintu masuk. Kursi ini didesain khusus untuk mengimbangi bentuk apartemen yang mengurva. Sementara warna tosca dipilih agar memiliki benang merah dengan pemandangan di sisi luar, yaitu sebuah kanal cantik berwarna hijau kebiruan Regent’s Canal yang membentang. Dengan demikian, setiap saat sang pemilik apartemen dapat memandanginya dengan hikmat, membuat hari-hari terasa lebih indah.

 

 

 

teks FIVI ANJARINI fotografi TINA HILLIER/DOK. NO. 12