GO UP

Profil: Irene Setiawati - Local Designer Goes International

Mari mengenal perempuan desainer cantik yang memberdayakan sumber daya lokal dengan tujuan mulia, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin.

 

            

 

Memberdayakan keahlian yang dimiliki masyarakat lokal dan mengembangkannya menjadi bisnis yang berkesinambungan dan awet adalah tujuan dari Irene. Dengan demikian ia juga mengurangi jumlah kemiskinan masyarakat di sekitarnya dan memberikan penghasilan tambahan untuk mereka.

Setelah melanjutkan perusahaan lokal di  Bali milik ayahnya, Maharani Craft yang sudah berdiri sejak tahun 1989, Irene mengubah setir perusahaan yang awalnya hanya berfokus pada kerajinan dan perhiasan menjadi elemen interior untuk rumah, yang membuat pasarnya semakin meluas hingga ke mancanegara.

Di bawah kepemimpinannya sejak 2009 silam, berbagai material dari kerang hingga bebatuan dikerjakan dengan tangan oleh pengrajin Bali, sementara untuk urusan pemotongan dan penghalusan bebatuan, berasal dari Jawa. Kunci sukses Irene adalah mengombinasikan kerajinan tradisional dan sumber daya lokal menjadi dekorasi rumah berkonsep menarik dengan gaya kekinian. 

              

Salah satu keahlian Irene adalah membuat aksesori dapur dan furnitur, seperti gagang pintu dan tutup botol yang terbuat dari bebatuan berharga. Ia mengeksplorasi lapisan bebatuan dan membentuknya sedemikan rupa menjadi elemen dekor yang menarik, sehingga menarik minat konsumen. Dan, dekor tersebut dapat menjadi aksen yang sesuai dengan furnitur rumah.

 

teks FIVI ANJARINI foto DOK. BEKRAF & IRENE SETIAWATI