GO UP

Lifestyle: 3 Tempat Nongkrong Unik di Jakarta

+

Tidak hanya menyediakan menu lezat dan suasana cozy, beberapa kafe bahkan memiliki konsep yang cukup unik dan berbeda dari kafe kebanyakan. Berikut adalah ulasan tiga kafe anti-mainstream di Jakarta:

Odyssela

Di tengah gedung-gedung tinggi kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), tersembunyi sebuah kafe yang sangat nyaman untuk tempat nongkrong bernama Odysseia. Kamu akan merasakan suasana yang asri karena tempat ini dipenuhi berbagai tumbuhan hijau. Selain nongkrong bersama teman-teman, kamu pun bisa me time di sini.

Sambil menikmati suasana, kamu bisa memesan makanan dan minuman yang beragam, mulai dari masakan Asia hingga Western. Beberapa menu andalan Odysseia yang wajib kamu coba adalah pizza pies, yakni piza berbentuk persegi panjang yang dipotong menjadi enam bagian, dan odysseia burger.

Jika tertarik untuk nongkrong di Odysseia, kamu bisa langsung datang ke Pacific Place, Lantai Dasar Lobby Selatan, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52–53, Jakarta Selatan. Sebaiknya kamu datang pada hari Kamis malam agar bisa menikmati live band, atau pada akhir pekan untuk menikmati musik yang dimainkan oleh disc jockey (DJ) ternama.

 

Mbah Jingkrak Setiabudi

Mbah Jingkrak—dari namanya saja sudah terdengar unik, bukan? Mbah Jingkrak Setiabudi (MJS) merupakan sebuah restoran yang menyajikan masakan tradisional Jawa sebagai menu utama. Beberapa di antaranya adalah nasi bakar, cumi-cumi dengan sambal hijau, dan bebek goreng. Tempat makan ini berlokasi di Jalan Setiabudi Tengah No 11.

Tak hanya memiliki menu yang lezat, suasana tempat makan di MJS juga unik. Di area taman, terdapat banyak balon dan layang-layang dengan bentuk yang beragam. Tidak ketinggalan, bola-bola apung kecil beraneka warna di kolam menambah suasana unik di tempat makan ini.

Berbagai dekorasi berwarna-warni tersebut berpadu secara eksentrik dengan keseluruhan bangunan nuansa Jawa. Misalnya, di beberapa bagian terdapat topeng-topeng Jawa sebagai hiasan. Sesuai moto “makan enak, perut kenyang, pulang bawa kenangan”, kamu akan mendapatkan ketiganya dari Mbah Jingkrak Setiabudi.

 

Samudra Laut 73

Ingin mencoba pengalaman unik makan di bawah laut? Samudra Laut 73 bisa tempat makan yang kamu tuju! Kafe unik ini berlokasi di Jalan Raya Boulevard Kelapa Gading Blok QA 1 No 2, Kelapa Gading.

Samudra Laut 73 menggunakan lampu-lampu dengan sinar berwarna biru yang akan membuat kamu merasa sedang berada di dalam kapal selam. Di beberapa bagian dinding, terdapat jendela-jendela berbentuk bundar yang mirip seperti jendela pada kapal selam. Untuk menambah kesan seperti di bawah laut, setiap meja diisi dengan pasir dan berbagai jenis batuan laut.

Sesuai dengan tema pula, menu makanan yang disajikan di Samudra Laut 73 adalah olahan seafood. Pastikan kamu ke sini membawa kamera ya, jadi sehabis makan bisa langsung berfoto di dalam kafe unik ini.

 

teks & riset foto IFAH LESTALUHU