GO UP

8 Tipe Piring yang Wajib Anda Ketahui dan Standard Ukurannya

Piring adalah salah satu peralatan makan yang paling esensial dalam sebuah acara perjamuan. Namun, sayangnya sering kali kita tidak terlalu menghiraukan jenis piring yang ternyata memiliki kegunaan masing-masing. Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis piring dan fungsinya:

1. Appetizer Plate 

Ukurannya bervariasi, mulai dari 4 hingga 7 inci (10 cm hingga 17,5 cm). Piring ini memiliki bentuk yang bermacam-macam, seperti persegi maupun bentuk bulat melengkung. Jangan terkecoh dengan piring roti-butter, karena ukuran piring ini lebih besar sedikit. Seperti namanya, piring ini pada dasarnya berfungsi untuk menyajikan makanan appetizer berukuran segigitan, seperti keju dan beraneka finger food yang biasanya disajikan sebelum hidangan utama disajikan atau juga di acara tea party dan acara informal di pagi atau sore hari.

 

 

2. Bread & Butter Plate
Ukurannya paling kecil daripada jenis piring yang lain, yaitu berdiameter 5–7 inci. Biasa digunakan untuk sarapan dan acara makan informal. Piring ini harus diangkat sebelum hidangan penutup disajikan. Pada table setting, piring ini diletakkan di sisi kiri Anda.
 
 
 
 
 
3. Salad Plate
Biasanya berbentuk bulat, piring ini terbagi atas dua ukuran: ukuran besar 8–8,5 inci dan kecil kurang 1 inci dari ukuran besar. Ingat, piring salad lebih besar dari piring roti-butter dan biasa untuk menyarikan seporsi salad.
 
 
 
 
 
4. Soup Plate / Bowl Plate
Cirinya adalah lebar, bagian mangkuknya dangkal dengan bagian pinggiran 1 inci serta diameter keseluruhan 9–10 inci. Mangkuk ini biasanya satu-satunya yang digunakan saat makan malam formal dan diletakkan paling atas. Untuk acara makan informal, mangkuk sup tanpa rim atau saucer bisa juga digunakan.
 
 
 
 
 
5. Charger 
Memiliki pinggiran dekoratif, bentuknya datar, dan ukuran diameternya 13–14 inci membuatnya paling besar di meja. Fungsinya biasanya untuk dekorasi, diletakkan di atas meja makan hanya jika diperlukan saja. Tempatkan mereka di bawah setiap piring makan pada saat pertemuan khusus dan formal dengan makan malam penuh. Orang biasanya tidak makan dari piring besar ini, tapi piring salad pertama atau mangkuk sup bisa diletakkan di atasnya.

 
 
 
 
 
6. Dinner/Serving Plate
Piring makan yang biasa kita gunakan sehari-hari ini biasanya berukuran 10–12 inci. Piring ini yang paling sering digunakan selama acara santap berlangsung, piring ini mulai digunakan untuk menyantap hidangan utama, setelah menikmati salad. Terkadang piring ini diletakkan di atas charger. Banyak orang yang menggunakan ini sebagai makan malam maupun makan siang, namun perbedaannya piring untuk makan siang lebih ringan dan satu inci lebih kecil daripada piring makan malam.
 
 
 
 
 
 
7. Dessert Plate
Berukuran 7–9 inci dan biasanya memiliki dekorasi. Dapat digunakan untuk acara makan informal dan formal, jenis piring ini biasa disebut luncheon plate oleh beberapa produsen. Biasa ditemukan di acara resepsi pernikahan,  pesta, dan acara lainnya yang menyajikan hidangan penutup.
 
 
 
 
8. Saucer
Ukuran diameternya umumnya kurang dari 10 inci. Jenis ini tidak dapat tergantikan oleh jenis piring apa pun karena terdapat bagian dasar yang agak dalam untuk alas cangkir agar cangkir tersebut tetap dalam posisinya, tidak bergerak ke mana-mana. Namun, tak jarang banyak orang yang menggunakannya juga sebagai wadah kue-kue kecil yang diletakkan di sebelah cangkir kopi/teh.
 
 
 
 
teks & riset foto FIVI ANJARINI sumber TOWNANDCOUNTRY.PH
foto 1 (WALMART), 2 (DALLAS WARE-CARLISLEFSP.COM), 3 (ZAK DESIGNS), 4 (LITTLEWHITEDISH.COM), 5 (WILKINSON), 6 (KELLY HOPPEN), 7 (TAKATOMO.DE/PRESS LOFT),  8 (KATIE ALICE/PRESS LOFT)