GO UP

6 Aturan Dasar tentang Table Setting yang Wajib Diketahui

 

 

foto HOME SENSE

Saat menghadapi momen spesial, seperti hari raya maupun perayaan pergantian akhir tahun dan perayaan lainnya, tentunya tak luput dari acara makan bersama yang informal dan terkadang formal. Untuk itu, diperlukan usaha lebih untuk mempercantik meja makan Anda agar terasa istimewa. Dan untuk beberapa momen, terkadang membutuhkan table setting yang tentunya tidak bisa asal-asalan.

 

             

foto EATLOVERS.COM.AU

 

Letak sendok, garpu, piring, gelas, hingga napkin menjadi perhatian utama. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan saat menyiapkan acara dengan table setting: Agar tidak salah tata letak, berikut ini gambar dan penjelasannya:

1. Baik untuk acara makan formal maupun nonformal, pastikan piring diletakkan di tengah. Untuk garpu diletakkan sebelah kiri piring, sedangkan jenis pisau dan sendok di sebelah kanan piring.

2. Mata pisau menghadap ke piring. Dan letaknya persis sebelah kanan piring. Baru sebelah kanannya lagi sendok makan.

3. Napkin dapat diletakkan di atas piring makan dan diberi nama tamu untuk menghindari kesalahan tempat duduk. Alternatif lainnya, napkin bisa juga diletakkan di sebelah kiri garpu. Untuk acara makan nonformal, napkin bisa ditiadakan.

4. Letakkan gelas di sisi kanan atas piring, mulai dari gelas air minum sampai gelas sampanye dan gelas wine. Untuk acara makan informal, gelas air minum sudah cukup.

5. Untuk memastikan letak perlengkapan makan Anda benar, letakkan piring makan terlebih dahulu di tengah. Lalu, letakkan piring roti Anda di sisi kiri atas dari piring makan Anda. Pisau butter diletakkan di atas piring roti sekitar 45 derajat menghadap bawah (lihat gambar).

6. Untuk acara makan formal, ada tambahan sendok dan garpu dessert yang diletakkan di atas piring makan.

 

teks FIVI ANJARINI sumber EATLOVERS.COM.AU