GO UP

Indonesia Goes to Salone del Mobile

 

Pameran interior dan furnishing premium internasional, Salone del Mobile, baru saja berakhir 22 April 2018 lalu. Setidaknya 400.000 lebih pengunjung dari 188  negara turut menjadi saksi ekshibisi bergengsi yang berlangsung sejak tanggal 17 April 2018  ini. Sebanyak 1841 ekshibitor dari 33 negara menampilkan karya terbaiknya, dan oleh karena itu, semua mata tertuju ke perhelatan desain akbar yang sudah memasuki edisi ke-57 ini. Dan sebagai perwakilan Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) bersama dengan Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) turut mempersembahkan karya terkurasi dari 27 desainer Indonesia di Salone del Mobile yang berlokasi di Rho Fiera, Hall 14 Stand F 30, Milan ini.

Adapun para desainer yang berbakat itu adalah Abie Abdillah, Achmad Kurnia, Alvin Tjitrowirjo, Andi Eridanie Zulviana-Jasmyne Oei, Andre Suryaman, Budi Pradono, Cosmas D. Gozali, Denny R. Priyatna, Eugenio Hendro, Francis Surjaseputra, Genie Anggita-Ilhamia Nuantika, Harry Mawardi, Hendro Santoso, Irawan Hari-Herry Pujianto, Irene Setiawati, Luthfi Hasan, Mufti Alem, Muhammad Alfatha Kurniadi, Raul Renanda, Rendy Himawan, Rengkuh Banyu-Fachril Fathiansyah, Santi Alaysius-Hamphrey Tedja, Septiawan Dwi Harjoko, Sofie-Cynthia Margareth-Tony Sofian, Sono Pamungkas, Veny Lydiawati, dan Zulyo Kumara Pratama Putra. Mereka menghadirkan karya-karya mereka yang inspiratif dari bahan-bahan alami melalui proses pengolahan dan teknik yang mumpuni sehingga meningkatkan nilai jual produk tersebut.

“Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah yang sudah lama menginspirasi talenta kreatif lokal untuk memproduksi karyanya. Kekayaan alam ini diubah ke berbagai material berkualitas yang digunakan oleh desainer kami untuk memproduksi furnitur dan kerajinan,” ungkap Joshua Simandjuntak, Deputi Marketing, BEKRAF. Para desainer ini memiliki cara unik yang khas untuk menyajikan material lokal dan menginterpretasikan budaya Indonesia dan sumber alamnya. Keragaman budaya dan keahlian dari para pengrajin merupakan kunci dari keunikan dan orisinalitas produk. Karya-karya ini dibuat menggunakan keahlian dari para pengrajin secara turun temurun mulaidari mengukir, menganyam, dan keahlian lainnya yang kerapmenginspirasi para desainer berdasarkan latar belakang budayamasing-masing. “Tahun ini di Salone del Mobile, kita tidak hanya menjual furnitur dan perlengkapan rumah, tetapi kita juga mempromosikan Indonesia sebagai Sumber Kreativitas Global,” Joshua menambahkan.

Teks & fotografi: Fivi Anjarini & Tim Bekraf/Tala PR