GO UP

Menciptakan suasana rumah yang lebih lapang dan tertata.

Sesekali, memang perlu membuang barang yang sudah tidak digunakan untuk menciptakan suasana rumah yang lebih lapang dan tertata. Kelola barang-barang Anda sejalan dengan langkah kepedulian terhadap lingkungan.

SELL IT
Pergunakan website ternama seperti OLX (www.olx.co.id) dan Buka Lapak (www.bukalapak.com), atau melalui forum yang melayani jual beli, seperti Kaskus (www.kaskus.co.id). Di Jakarta, Anda bisa menemui tempat penjualan barang bekas di Taman Puring lantai dua, khusus reparasi atau menjual barang elektronik bekas. Tip, ambillah foto barang dengan baik untuk memperbesar kemungkinan terjual. Jika kesulitan menjualnya, maka hadiahkanlah.

REPAIRE
Beberapa barang seperti elektronik, bisa diganti bagiannya agar berfungsi kembali. Kenali jenis dan merek dari barang Anda untuk mendapatkan tempat servis yang sesuai. Jika merasa barang Anda out of mode. Ubah tampilannya dengan mengganti kemasan luar dari barang tersebut sesuai keinginan Anda. Tip bagi Anda, kenali material bahan dan corak untuk menjaga kualitas dan harmonisasi tampilan di ruangan nantinya.

DONATE IT
Donasikan barang layak pakai kepada yayasan atau panti. Anda juga bisa menghubungi komunitas atau organisasi yang biasa mengadakan kegiatan amal, seperti Berbagi Nasi Jakarta (www.berbaginasijkt.com) atau Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI (www.puskrispsiui.or.id). Komunitas Jendela (www.komunitasjendela.org) juga akan menerima donasi buku Anda, yang akan digunakan untuk memajukan pendidikan anak-anak Indonesia.

RECYCLE
Buatlah barang baru dari sampah Anda. Ide-ide kreatif dari barang bekas bisa ditemukan di Mobgenic (http://www.mobgenic.com/) atau sumbangkanlah sampah yang bisa di daur ulang kepada pihak yang mampu, mengelolanya. Alhasil, sampah Anda kini menjadi barang yang lebih berguna!

 

DID YOU KNOW

Memang sangatlah mudah membuang sesuatu yang tidak dibutuhkan. Faktanya, berdasarkan data World Bank 2010, Indonesia adalah negara kedua penyumbang sampah terbanyak setelah Cina, ke lautan! Melihat kondisi pengolahan sampah di Indonesia yang belum memadai, kini saatnya mengubah kebiasaan agar tidak menambah masalah baru bagi Indonesia.

Tips!

Saat membeli barang baru untuk rumah Anda, pastikan memilih barang yang punya usia jangka panjang. Yakinkan diri Anda jika barang tersebut tidak akan membuat Anda cepat bosan dan beralih membeli barang yang lebih baru. Dan pastikan pula, barang yang Anda beli tidak akan menambah masalah sampah di Indonesia!