GO UP

YOUR’S DREAM HOME

+

1. BUAT SEDETAIL MUNGKIN KRITERIA RUMAH IMPIAN ANDA

Langkah pertama untuk mendapatkan rumah idaman adalah menentukan dahulu rumah seperti apa yang benar-benar Anda impikan. Tulis dan gambar sedetail-detailnya rumah idaman Anda. Yakinkan bahwa Anda akan bisa membelinya. Lihat sesering mungkin tulisan dan gambar tersebut.

2. TENTUKAN KAPAN ANDA AKAN MEMILIKINYA

Setelah Anda menulis dan menggambar detail rumah impian Anda, tentukan juga kapan Anda memilikinya. Tujuannya agar Anda memiliki target yang jelas.

3. RENCANAKAN CARA PEMBAYARANNYA

Langkah selanjutnya adalah menentukan rencana pembayaran rumah yang Anda idamkan tadi. Apakah dibayar tunai atau dicicil (misalnya KPR).

4. LIHAT SEBANYAK MUNGKIN RUMAH

YANG SEDANG DIJUALJika budget yang Anda miliki masih belum mencukupi, Anda bisa melihat terlebih dahulu rumah yang dijual sebanyak mungkin. Sediakan waktu untuk melihat minimal 50 rumah. Tujuannya adalah agar Anda memiliki pembanding dan “pikiran Anda lebih terbuka”.

5. JADIKAN RUMAH SEBAGAI INVESTASI YANG TERUS MENINGKAT

Rumah bisa menjadi sarana investasi yang hebat. namun jika salah memilih, maka Anda bisa saja menghabiskan uang Anda hanya untuk sebuah rumah. Karena itu, agar rumah Anda bisa menjadi investasi yang luar biasa, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan diantaranya cari yang nilainya di bawah harga pasar, atau pilih lokasi yang strategis, seperti pinggir jalan.

6. HITUNG NILAI RUMAH DAN TANAH

Sebelum melakukan penawaran, Anda harus tahu nilai sebenarnya dari rumah tersebut. Caranya adalah dengan menghitung nilai bangunan dan tanah dengan berpedoman pada harga di sekitarnya. Carilah informasi harga tanah di sekitar rumah tersebut. Cari tahu juga nilai bangunan dengan bertanya pada kontraktor.

7. PERHITUNGKAN JUGA BIAYA-BIAYA LAINNYA

Yang dimaksud dengan biaya-biaya lainnya adalah biaya-biaya yang Anda keluarkan di luar biaya pembelian rumah. Misalnya biaya broker/makelar, biaya pajak pembeli, biaya notaris, biaya perbaikan, biaya admin KPR, dll.

 

DID YOU KNOW

Jika Anda ingin membeli rumah di perumahan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

- Lihat track record pengembang.

- Lihat apakah keuangan pengembang kuat atau tidak. Ini dilakukan agar Anda tidak mengalami pemberhentian dalam pembangunannya nanti.

- Tanyakan penghuni lama Anda tentang segala sesuatunya.

- Cari tahu status lahan yang akan dibangun, apa berada dalam sengketa atau tidak.