GO UP

SMELLING FRESH

+

Kamar mandi menjadi sebuah tempat dimana Anda menghabiskan waktu pribadi Anda secara maksimal. Maka tidak heran apabila sebagian pihak memberikan perhatian yang maksimal di ruangan ini. Namun, pernahkah Anda menyadari bahwa merawat kamar mandi kadang bisa dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Maka dari itu, tim Home & Decor Indonesia siap membagikan tip dan trik untuk merawat kamar mandi Anda.

1. KOPI Ampas kopi tubruk dapat bermanfaat untuk menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi (WC). Caranya sangat mudah. Siapkan secangkir air panas. Masukkan ampas kopi. Tambahkan sedikit garam lalu campur. Setelah itu, siram air campuran tadi ke lubang WC dan sekitarnya. Dalam sekejap kamar mandi (WC) di rumah Anda pun terbebas dari bau tidak sedap.

2. ARANG Kamar mandi rawan sekali akan bau tidak sedap. Untuk menghilangkan bau tidak sedap ini cukup mudah. Letakkan beberapa arang yang masih baru di sudut-sudut kamar mandi. Dalam beberapa hari bau di kamar mandi akan hilang. Hal ini karena arang berfungsi sebagai penyerap bau-bauan.

3. CENGKEH Kecoa sering kita temui di daerah lembap atau basah, seperti kamar mandi. Kecoa juga dapat menyebarkan bibit penyakit. Berikut ini tip untuk mengusir kecoa atau berbagai jenis serangga lainnya dari kamar mandi. Siapkan 1/4 liter air, 10 ml alkohol 75%, dan 20 ml tanaman cengkeh yang sudah ditumbuk. Campurkan bahan-bahan tersebut sampai rata. Semprotkan di sekitar lantai dan dinding kamar mandi. Campuran tersebut dapat bertahan hingga satu bulan.

4. SODA API Saluran pembuangan air di kamar mandi sangat penting perannya. Jika tersumbat, air kotor tidak dapat mengalir ke got sehingga menimbulkan bau tidak sedap dan bibit penyakit. Sebelum tersumbat, rajin-rajinlah membersihkan saluran pembuangan air. Namun, jika sudah tersumbat, Anda masih bisa membuatnya mengalir lancar. Caranya, taburkan soda api pada saluran pembuangan air yang tersumbat. Biarkan selama satu malam. Bilas dengan air sampai kotoran yang menyumbat saluran terkikis habis.

Did You Know

Hal terpenting dalam mendesain interior untuk kamar mandi adalah penataan letak perabotan yang sesuai sehingga akan memudahkan aktivitas Anda. Penempatan cermin di kamar mandi juga bagus untuk memberi efek luas.