GO UP

4 Poin Penting Saat Merenovasi/Mendekorasi Rumah.

+

 

Bagaimana cara meminimalkan goresan pada furnitur kayu? Apakah lebih baik memernisnya atau ada trik khusus?
 Material kayu memang sangat rentan terhadap goresan dan benturan, terutama pada permukaan lantai dan furnitur meja kayu. Memernis tidak membantu mengatasi goresan, cara ini justru menyembunyikan keindahan sifat natural kayu. Namun Anda tak perlu khawatir, cobalah cara mudah ini untuk menghilangkan goresan!
 Untuk menghilangkan goresan pada furnitur kayu berwarna gelap, cukup celupkan kapas di bubuk kopi lembap dan usap pada goresan. Tunggu 10 menit dan bersihkan permukaan dengan lap kering. Untuk furnitur kayu berwarna terang, gosokkan kulit kenari pada goresan, diamkan beberapa waktu, kemudian bersihkan dengan lap. Untuk goresan yang agak dalam, Jodie Low dari Mountain Teak menyarankan untuk menggunakan wood repair stick, yang dapat ditemukan di toko-toko perkakas. “Pilihlah warna stick yang paling mirip dengan warna furnitur Anda, dan gosok pada bagian yang tergores. Setelah itu, lapisi dengan pernis. Perlu dicatat, efektivitas cara ini tergantung pada tipe goresan dan pernis pada furnitur Anda,” katanya.

Saya sangat suka tampilan track lighting. Apakah saya dapat menggunakannya untuk menjadi penerangan umum di rumah saya secara efektif?
 Atau apakah saya hanya dapat menggunakannya untuk mood lighting?Pertama-tama, Anda harus merencanakan pencahayaan untuk keseluruhan rumah Anda. Berikut adalah dasar-dasar yang harus dipelajari. Ada tiga tipe pencahayaan, yakni task, mood, dan general lighting. Pencahayaan umum digunakan untuk menerangi ruang secara keseluruhan. Task lighting fokus pada tugasnya, ia hanya akan berada di tempat yang memang membutuhkan lampu khusus. Sedangkan mood lighting harus dapat menciptakan suasana. Sebuah rencana pencahayaan yang baik tentu harus mengombinasikan tiga tipe pencahayaan ini.
 Spesialis desain interior regional Ikea, April Kwan menjelaskan, track lighting dapat digunakan untuk general dan mood lighting (jika digunakan dengan sakelar lampu dim). Anda dapat menggunakan beberapa lampu sorot sepanjang track, terutama jika Anda ingin menempatkannya di atas ruang kerja karena dapat memberikan penerangan yang baik secara keseluruhan. Jika ingin memakai lampu sorot individu, Anda harus mengarahkannya ke fokus tertentu seperti foto atau karya seni pada dinding untuk meningkatkan fitur dan supaya pantulan cahaya tidak terlihat datar.
“Rencanakan terlebih dahulu pencahayaan seperti apa yang Anda inginkan untuk rumah Anda sesuai dengan fungsi dari masing-masing ruang. Pilih ruang mana saja yang membutuhkan task lighting. Kemudian, Anda hanya perlu fokus dengan pencahayaan umum dan mood lighting untuk menciptakan track lighting,” saran April.

 

Saya sangat khawatir saat mendengar berita mengerikan mengenai pintu kaca kamar mandi yang pecah dan menewaskan pemilik rumah. Bagaimana cara mencegahnya?
Insiden ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menggunakan material yang tepat untuk hunian Anda, terutama karena menyangkut keselamatan anggota keluarga.Material kaca biasa dan pengerjaan yang kurang baik sangat rentan retak dan mudah pecah menjadi bagian-bagian besar yang dapat membahayakan pemilik rumah. Beberapa kasus bahkan menyebabkan kematian. Maka dari itu, kaca tidak dianjurkan untuk kamar mandi, dan hanya boleh digunakan untuk bagian lain dari rumah, seperti pintu lemari. Untuk menunjang faktor keamanan, Anda dapat menggunakan material ini dalam bingkai aluminium.Jika Anda tetap ingin memakai material kaca, pilihlah tempered glass yang telah melalui proses pemanasan tinggi. Bila mengalami kerusakan, tempered glass akan hancur menjadi potongan-potongan kecil tanpa tepi yang tajam. Alex Kwan dari Museum Homes mengatakan, bahan ini adalah pilihan terbaik untuk kamar mandi. Untuk daya tahan yang lebih besar, ia lebih menyarankan menggunakan panel tempered glass dengan ketebalan 12 mm dibanding yang standar dengan tebal 8 mm.“Tempered glass memang lebih aman, namun bagian sudutnya masih memiliki kemungkinan pecah. Cara yang tepat untuk memaut panel kaca untuk kamar mandi adalah memasang aluminium U untuk melindungi sisi ujung dekat lantai dan dinding. Tambahkan silikon agar lebih aman. Lapisan isolasi karet antara aluminium dan kaca harus seminimal mungkin untuk mengurangi gesekan,” ujar Alex. Tempered glass mungkin akan memakan biaya 50% lebih mahal dari kaca biasa, tapi tentu tak ada nilainya jika dilihat dari faktor keamanan dan kenyamanan. Pastikan Anda memilih produsen tempered glass yang sudah terpercaya agar Anda mendapatkan hasil terbaik.

Konsep ruang terbuka memang menarik, tapi jika Anda dapat melihat seisi rumah dalam selayang pandang, bukankah hal itu akan membuat rumah terlihat berantakan?
Banyak pemilik rumah suka tampilan konsep ruang terbuka karena konsep ini dapat membuat ruang kecil terlihat lebih besar. Sebenarnya merancang hunian dengan konsep ruang terbuka lebih menantang dibandingkan ruang dengan dinding, karena harus membagi zona sesuai fungsinya. Ada banyak cara untuk menerapkan konsep ini tanpa harus membuatnya terlihat berantakan.Pilihlah dengan cermat furnitur-furnitur berukuran besar, seperti sofa dan meja konsol. Gunakan bahan-bahan seperti ubin dan karpet berbeda pada setiap zona. Anda juga dapat memakai trik platform rendah untuk menjadi sinyal transisi ke “zona” lain tanpa melanggar garis pandang dari keseluruhan ruangan. Tandai setiap area dengan partisi, tambahkan sentuhan dekoratif khas masing-masing ruang. Tapi Anda harus tetap memastikan partisi memiliki desain yang memungkinkan bagi orang untuk melihat ke sisi lain, serta tidak menghalangi cahaya dan ruangan lain seutuhnya.