GO UP

​BEYOND THE UNEXPECTED​

+

Java Blues siap untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia dengan menampilkan budaya tradisional Jawa.

Setelah melewati proses kurasi yang selektif dan bersaing antar banyak negara dari seluruh dunia, ICAD oleh Artura mendapat kesempatan untuk menampilkan bagian dari budaya Jawa dalam Superdesign Show 2018, acara yang merupakan bagian dari pameran internasional Milan Design Week. Dalam acara ini, Java Blues berpartisipasi sebagai satu-satunya peserta dari Asia Tenggara. Acara ini diadakan pada tanggal 17 - 22 April 2018 di Superstudio Più, Tortona.
 

Java Blues siap untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia dengan menampilkan budaya tradisional Jawa melalui seni dan budaya yang sejauh ini tidak dikenal oleh dunia. Proyek ICAD ini menjelaskan makna dibalik warna biru menurut adat Jawa, sekaligus membuktikan bahwa sejarah tidak selalu tertulis di kertas.

''Sebelumnya kami sudah menerima banyak peserta, tetapi tidak pernah dari Indonesia. Kami pernah menerima peserta dari Cina, Jepang, Singapura, Hong Kong, tetapi partisipasi Anda adalah yang pertama' - Dario Negri, Direktur Operasi Superdesign Show.

Java Blues, judul yang diangkat oleh ICAD untuk penampilannya, yang merupakan bagian dari tema ICAD tahun ini yaitu "Kisah", menampilkan karya-karya seniman Indonesia yang bertujuan untuk mendorong batas dan menantang persepsi dalam desain kontemporer. Menurut tim kurasi, dalam adat Jawa, warna biru melambangkan perasaan manusia kepada sang pencipta, makhluk lain, serta alam. ICAD mencoba untuk mengubah kepercayaan ini menjadi konsep desain interior.

"Manifesto tahun ini untuk Superdesign Show hanyalah "yang terbaik", menurut Gisella Borioli, pendiri Superdesign Show. Kami bersyukur bisa bergabung dengan kategori New Boarders of Design" - Diana Nazir, Pendiri dan Direktur Artura.

Dengan menampilkan benda-benda yang telah dikurasi dengan seksama seperti Batik Indigo, cukilan kayu, dan perhiasan emas yang dedesain mengikuti sudut pandang kontemporer, ICAD menjelajahi bagaimana kerajinan tradisional Indonesia ikut serta dalam dunia modern. Secara keseluruhan, Java Blues bertujuan untuk membuktikan bahwa kekayaan budaya masih bisa dihubungkan dan diaplikasikan dalam desain kontemporer, dan bahwa segala rupa dan warna dapat menceritakan kisah.