GO UP

Rumah Merupakan Sumber Inspirasi

+
Mungkin kita pernah mendengar istilah "rumahmu adalah istanamu". Rumah sebagai istana tempat tinggal juga sumber inspirasi yang seharusnya mendukung aktivitas yang dijalani. Selain dapat memberikan kenyamanan tinggal, rumah juga dapat menunjukkan karakter penghuninya. Itulah mengapa penting diperhatikan desain rumah mulai dari bagian-bagian interior, baik material, cat, pencahayaan hingga furnitur dan segala pernak-pernik yang melengkapinya. Siakan disimak inspirasi beberapa ruangan yang ada di dalam rumah.
 
 
Living Room
Pada area living room bila Anda tidak suka memakai banyak warna, nada hitam dan krem atau cokelat yang dominan juga bisa Anda terapkan. Nada krem atau cokelat terang ditempatkan pada lantai, atap dan konsol TV, selanjutnya nada hitam didapat dari furnitur seperti TV, lemari besar di sebelah konsol TV, meja, karpet, serta sofa besar yang menghadap TV. Penempatan dua buah bantal bercorak hitam putih semakin menambah keserasian di ruang ini.
 
 
Dining Room
Bersebelahan dengan area living room, area dining room cenderung bernada satu warna, denganaksen tambahan hitampada TV dan partisi transparan agar terasa luas. Nada warna cokelat ditempatkan di area ini untuk mendapatkan kesan natural pada bangku makan. Penggunaan material rotan cokelat, makin menambah kesan alami. Selain itu, menempatkan tanaman di sudut memberikan kesan hijau dan segar pada dining room.
 
 
Kitchen
Untuk dapur tempatkan bersebelahan dengan ruang makan untuk efisiensi tempat. Berikan nada warna coklat agar senada dengan dining room, namun perbanyak warna cokelat terang agar tidak terlihat muram, seperti pada storage dan kabinet. 
 
 
Stair
Apabila rumah memiliki dua lantai, tambahkan pegangan tangga bermaterial besi untuk kenyamanan saat menaikinya. Tempatkan benda-benda hias pada sudut ujung tangga lantai dua, atau tempatkan satu pot bunga untuk mendapatkan visual yang indah.
 
 
Tatami
Untuk living room di lantai dua, ada baiknya simak konsep tatami untuk diaplikasikan. Karena konsep tatami ini cocok diterapkan pada banyak gaya interior. Menambahkan karpet dengan warna netral membuatnya nampak lebih luas dengan meja di bagian tengahnya, serta bantalan untuk kenyamanan. Selain itu, menambahkan lemari atau kabinet transparan dan  rak untuk penyimpanan dan hiasan unik memberikan ruangan ini semakin artistik. Tak lupa, pencahayaan disesuaikan dengan nada ruangan agar tidak mengganggu visual dan kenyamanan.
Sumber inspirsi didapat dari Metric.
Foto dok.: Metric