GO UP

Home Tips: Sebelum memutuskan untuk membeli deretan jenis lampu atau pencahayaan buatan yang akan Anda pasang di dalam maupun di luar rumah.

+
Cahaya menjadi elemen yang terpenting dalam sebuah hunian, bisa dikatakan seperti "udara" dalam kehidupan kita.
 

1. MAXIMIZED NATURAL LIGHTING 

Sebelum memutuskan untuk membeli deretan jenis lampu atau pencahayaan buatan yangakan Anda pasang di dalam maupun di luar rumah, ada baiknya Anda memaksimalkan pencahayaan alami yang ada. Sinar matahari adalah sumber pencahayaan alami yang tidak terbatas. Bagaimana caranya? Anda bisa membuat bukaan kaca. Maksimalkan pembuatan bukaan-bukaan ini mulai daridinding sampai atap sehingga "asupan" sinar matahari ke dalam ruangan optimal. Anda bisa membuat jendela dengan ukuran besar, dinding kaca, ataupun skylight. Atau Anda dapat mengombinasikan dengan membuat kisi-kisi. Selain itu, keuntungannya dalam rumah mampu menciptakan sirkulasi cahaya dan udara sekaligus sehingga rumah tidak cepat lembap. Tidak semua dinding harus dipasang jendela kaca atau kisi-kisi.

 

2. PICK THE RIGHT TYPE OF LAMP

Pastikan Anda mengenali dulu jenis lampu yang dijual di pasaran. Terdapat jenis lampu yang biasa kita temukan. Salah satunya, lampu pijaratau lampu bohlam. Lampu ini biasanya dipasang untuk ruangan yang tidak memerlukan intensitas cahaya yang tinggi seperti gudang. Selanjutnya adalah lampu LED. Lampu jenis ini merupakan lampu yang hemat energi dan termasuk awet atau tahan lama dibandingkan lampu pijar. Lampu LED nyaris tidak menghasilkan panas dan lebih nyaman serta aman digunakan. Jenis lampu lainnya adalah Lampu TL atau yang dikenal sebagai lampu neon. Dari segi kualitas, lampu neon berada jauh di atas lampu pijar dan berada sedikit di bawah lampu LED. Untuk saat ini lampu LED bisa dibilang paling popular yang dipilih. Karena intensitas cahayanya bekerja maksimal di berbagai titik, ramah lingkungan, dan aman untuk kesehatan. Anda sebaiknya menyalakan lampu sesuai dengan kebutuhan, jika Anda berada di luar ruangan sebaiknya dimatikan atau solusinya menggunakan dimmer agar intensitas cahayanya bisa diatur. Selain menghemat biaya listrik, Anda juga mengurangi pemakaian energi. Jika Anda menginginkan suasana yang berbeda pada rumah, Anda bisa memilih lampu dengan bentuk yang menarik, decorative lighting bisa menjadi alternative pilihan.

 

3. ADJUSTED ROOM

Tiap ruangan di dalam rumah mempunyai fungsi yang berbeda, maka dari itu pencahayaan yang diperlukan berbeda pula. Cahaya yang perlu di ruang keluarga berbeda dengan kamar tidur. Begitu pun area dapur, Anda memerlukan pencahayaan yang cukup terang karena di ruangan ini merupakantempat yang memiliki intensitas aktivitas paling tinggi di antara ruangan lainnya di dalam rumah seperti menyiapkan bahan makanan. Jika ruangan Anda kurang mendapatkan cahaya natural, Anda akan membutuhkan intensitas cahaya lampu yang lebih besar. Anda pun harus mengetahui kegunaan colour rendering lampu. Colour Rendering ialah satuan cahaya yang digunakan untuk menjelaskan tentang kemampuan sebuah sumber cahaya buatan dalam menampilkan warna objek atau benda. Satuan dipakai adalah Kelvin (K). Semakin tinggi angka satuan K yang dimiliki, maka akan semakin putih kebiru-biruanwarna cahaya yang akan dipancarkan. Hal ini berguna dalam menentukan lampu yang akan digunakan di ruangan. Jika untuk ruang santai, gunakan lampu berwarna kuning agar terkesan teduh. Untuk ruang kerja, pilihlah lampu yang berwarna putih agar menciptakan suasana lebih nyaman dan tidak membuat mata cepat lelah.

 

teks DINDA BESTARI