GO UP

House Tour: Simply Perfect

+

Terkadang, membuat sesuatu tetap simple itu merupakan solusi terbaik.

 


Suasana elegan ini memberikan napas baru pada shophouse tua ini.

 

Bagi Cheah Wei Chun, shophouse membawa kembali kenangan hangat perayaan Tahun Baru Cina dengan keluarga besarnya di shophouse neneknya di kota kelahirannya di Penang. Sejak relokasi ke Singapura lebih dari satu dekade yang lalu, Wei Chun tinggal di beberapa jenis rumah. Ketika sewa shophouse Little India yang ia tinggali berakhir, ia lantas mencari shophouse untuk ia miliki.

“Saya ingin satu rumah yang berkarakter. Ventilasi udara itulah yang paling saya sukai dari shophouse,” ujar Wei Chun. Saat ia melihat rumah kedua di Joo Chiat Road dengan ventilasi yang tak biasa, ia tahu bahwa ini akan menjadi miliknya. Shophouse bergaya pertengahan ’70- an dengan kondisi asli tapi keputusan Wei Chun untuk mengesampingkan fasad dan merombak interiornya terbayar. Setelah renovasi besarbesaran, ia kini mempertimbangkan shophouse yang sempurna untuk hunian maupun tempat kerja.

 


Wei Chun susah payah menemukan meja makan bundar Francfranc dengan posisi kaki yang memungkinkan tamu dapat dengan mudah duduk di antara bench beton tanpa terhalang kaki meja.

 


Terpajang di dinding Wei Chun yaitu wall of fame selebriti, seniman, dan model yang pernah menjalin kerja sama dengannya selama kariernya di konsultan fashion dan desain kreatif.

 


Dapur diselesaikan dengan denah yang sudah ada. Tidak ada hob atau bahkan microwave karena Wei Chun tidak membutuhkannya.

 


Skema warna didominasi warna abu-abu dan putih, termasuk monokromatik sofa Francfranc dan lampu Flos. Kursi merah gaya Denmark dilapis kain berulangulang, yang terbaru dipilih warna berani ini untuk menambah tabrakan warna pada interior rumah.

 

 


Majalah merupakan bagian dan kontribusi karya Wei Chun.

 


Pemilik rumah memilih potongan sederhana untuk pintu dan kabinet penyimpanan built-in.

 


Yang dulunya jendela kamar mandi menghadap jalan didesain menjadi unit dinding yang menyelubungi jendela yang ada, diapit oleh rak.

 


Kamar mandi terbuka untuk udara terbuka, memberikan atmosfer luar ruangan.

 


Kesederhanaan kamar tidur ini memberikan atmosfer kontemplasi.