GO UP

Home Tips: Ide dekorasi chic-chinoiserie untuk berbagai ruang

+

Sejak abad ke-17 dan 18, pesona chinoiserie seakan membuat terkesima orang-orang yang melihatnya, seakan memiliki kekuatan magis. Chinoiserie berasal dari bahasa Prancis ‘chinois’ (panggilan bangsa Prancis kepada orang China), yang artinya “China”. Ini merupakan visualisasi bangsa Barat yang terinspirasi dari desain Timur, terutama China, dan Jepang dan negara Asia lainnya. Hal ini terlihat dari desain interior, furnitur, tekstil, keramik, bahkan desain taman. Bahkan, hingga saat ini pesonanya terus menghampiri tanpa henti.

Tak heran rasanya jika banyak yang menerapkan gaya ini ke hunian karena keanggunannya yang memukau. Berikut inspirasi pengaplikasian desain chinoiserie yang bisa Anda aplikasikan di hunian:

 

1. Cushion and upholstery

Jika Anda hanya ingin perubahan minor, Anda bisa mengaplikasikan motif chinoiserie pada sarung bantal ataupun pouf. Dengan demikian ruangan tetap terasa menawan, namun suasana oriental tetap terasa.


foto FRENCH BEDROOM COMPANY UK/PRESS LOFT

 

   

2. Wallpaper 

Suasana Chinese garden yang begitu disukai bangsa Eropa di abad ke-17, dapat Anda hadirkan juga ke tengah hunian Anda melalui wallpaper. Nah, tak ada salahnya menghadirkan bebungaan oriental yang cantik ini di salah satu ruang favorit. Agar tidak terkesan ramai, sebaiknya furnitur di sekitarnya berwarna polos yang senada dengan wallpaper.


foto LIMELACE UK/PRESS LOFT

 

 

 

3. Drawer and storage

Anda juga bisa mengaplikasikan motif chinoiserie yang menawan di laci-laci maupun tempat penyimpanan. Motif senada yang diterapkan pada satu set laci dan boks di dalam satu ruangan tentu akan membuatnya semakin harmonis dan menjadi hal yang menarik untuk dilihat.


foto HOUSE OF BATH

 

4.  Curtain

Dibanding wallpaper, aplikasik chinoiserie pada gorden di rumah terbilang lebih praktis. Bila bosan, Anda langsung bisa menggantinya dengan gorden lain. Dalam sekejap nuansa Shanghai langsung hadir di rumah Anda.


foto DESIGNERS GUILD/ELIZABETH STANHOPE UK

 

 

5. Tableware and lamp

Sesekali hadirkan suasana oriental saat acara santap bersama, terlebih saat Chinese New Year nanti. Ditambah lampu lampion, atmosfer negeri Tiongkok pun makin terasa. Perlengkapan makan dan lampu seperti ini rasanya pun tidak masalah jika digunakan untuk sehari-hari karena lebih terasa natural.


foto SAINSBURY’S HOME

 
 

 

 

teks FIVI ANJARINI
sumber: http://fiveminutehistorycom/, vam.ac.uk, www.brittannica.com