GO UP

Tips cara untuk mendapatkan sebuah area hijau untuk hunian, salah satunya dengan memanfaatkan vertical garden.

+

Lahan hunian yang terbatas ternyata tidak menjadi penghalang untuk menciptakan area hijau yang membuat hunian nampak asri dan nyaman. Kemunculan vertical garden menjadi sebuah solusi baru bagi setiap orang yang ingin mempunyai taman yang indah di rumahnya. Saat ini cara membuat vertical garden dari botol plastik bekas sedang menjadi tren. Pemakaian botol plastik bekas dimaksudkan untuk menghemat biaya dan memanfaatkan barang sudah tidak terpakai lagi. Maka dari itu ikutilah tip-tip berikut ini:

Siapkanlah lima buah botol plastik bekas minuman ukuran 1,5 liter, tali tambang, sekam sebagai media tanam, bibit tanaman, dan gunting atau cutter. Botol plastik ini akan digunakan sebagai pot tanaman. Untuk mempercantik botol maka bisa Anda cat sesuai selera atau bisa pula tanpa dicat.

Buatlah lubang berbentuk persegi panjang dengan lebar 3 cm dan panjang 10-15 cm pada bagian tengah botol. Lubang ini akan digunakan untuk memasukkan media tanam dan tempat tumbuhnya tanaman. Kemudian pada bagian bawah lubang besar tersebut buat lubang-lubang kecil yang akan digunakan untuk mengeluarkan air ketika proses penyiraman  

Jarak lubang-lubang kecil sebaiknya jangan terlalu berdekatan dan gunakan cutter atau gunting untuk membuat lubang.

Untuk membuat gantungan pot, buatlah dua pasang lubang dengan diameter 1 cm pada ujung kanan dan kiri botol dan lubang dibuat atas dan bawah menembus botol bagian tengah. Pastikan jarak lubang tersebut seimbang antara kiri dan kanan.

Masukkan tali tambang melalui lubang tersebut, buatlah simpul dari tali pada bagian lubang atas dan bagian bawah botol agar posisi botol tidak berubah. Berilah jarak 20 cm dengan tali untuk botol yang berikutnya dan buat simpul seperti sebelumnya, lakukan hingga botol sudah dirangkai semua. 

Masukan media tanam berupa sekam agar botol tidak terlalu berat menyangga. Tambahkanlah pupuk secukupnya dan masukkan bibit tanaman pada media tanam tersebut kemudian siram dengan air.

Gantunglah rangkaian pot dari botol bekas tersebut pada dinding atau tiang teras rumah. Untuk perawatan, siramlah tanaman secara rutin dan berikan pupuk sesuai dengan takaran.

Tips!

Walaupun vertical garden memiliki beberapa kelebihan, ia juga memiliki satu kelemahan dari segi pencahayaan sinar matahari. Vertical garden tidak akan bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh dari pagi sampai sore hari. Hal ini terjadi karena posisinya yang tegak. Dengan demikian, proses fotosintesis pada tanaman Anda nantinya tidak bisa maksimal. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat memilih jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak sinar matahari.