GO UP

Tips mencegah bahaya kebakaran dan menjaga rumah Anda.

+

DO

- Instal detektor asap di langit-langit setiap kamar. Tes alarm asap setiap bulan untuk memastikan kondisinya bekerja dengan benar, dan mengganti baterai setidaknya setahun sekali, atau seperti yang direkomendasikan oleh produsen.

- Matikan semua peralatan dan perangkat bila tidak digunakan. Cabut perlatan yang tersambung ke listrik sebelum Anda meninggalkan rumah.

- Tentukan lemari untuk menyimpan produk yang mudah terbakar, seperti semprotan aerosol, cairan pemantik api dan pengencer cat. Pilih tempat yang terletak jauh dari sumber panas.

- Susun rencana darurat, gunakan api di area keluar terdekat dan tangga di rumah Anda. Simulasikan rute dengan keluarga Anda beberapa kali, dan ajari anak-anak untuk melakukannya sendiri untuk memastikan bahwa mereka siap jika terjadi kebakaran.

- Sering periksa kompor Anda. Untuk listrik, pastikan bahwa koneksi kabel listrik masih utuh.
Untuk gas, periksa dari bebas kebocoran dengan menerapkan solusi sabun ke selang gas; gelembung akan muncul jika ada kebocoran.

- Jauhkan alat pemadam kebakaran portable di dapur dan pastikan semua orang tahu bagaimana menggunakannya. Beli satu buah yang seberat 1,5 kg atau lebih dan dengan rating ABC (yang berarti untuk semua jenis kebakaran) dari sebuah perusahaan pelayanan yang disertifikasi, yang diakui pengujiannya secara internasional, inspeksi dansertifikasi bodi.

 

DON’T

- Di taruh dekat sumber air atau di bawah karpet, dalam kasus keausan dan hubungan arus pendek yang akan menyebabkan percikan api.

- Mencoba untuk memperbaiki soket yang rusak dan tali yang berjumbai, karena akan melukai diri Anda sendiri atau salah melakukannya dan menyebabkan bahaya potensial.

- Beban berlebih pada outlet listrik Anda dengan memasukkan terlalu banyak peralatan atau ekstensi.

 

Tips!

Jangan menuangkan air di atas minyak (ketika minyak terlalu panas saat memasak), karena akan menyebabkan minyak memercik dan menyebarkan api! Mematikan panas dan tutup panic dengan tutup logam atau kain basah untuk memadamkan api.

 

DID YOU KNOW

Menerapkan metode P.A.S.S saat menggunakan alat pemadam kebakaran:

- Tarik peniti dari pegangan.

- Tujuan nozzle di dasar api, bukan dikobaran api.

- Tekan tuas di atas pegangan. Lepaskan tuas untuk menghentikan aliran api.

- Sapu dan ayunkan dari sisi ke sisi, sampa isemua api dapat dipadamkan.