GO UP

Berikut ini ada cara menjaga ruangan tetap dingin tanpa menghidupkan AC.

+

Kita semua tahu bahwa menjaga kelembaban di rumah penting untuk kulit, tenggorokan dan kesehatan secara keseluruhan, tetapi apakah Anda juga tahu bahwa hal itu penting untuk kesehatan rumah juga. Jika tingkat kelembaban terlalu rendah, furnitur yang Anda miliki akan memburuk dan kuman akan berkembang.Listrik telah menjadi salah satu kebutuhan dasar untuk mendukung berbagai aktivitas keseharian masyarakat, namun penggunaan energi listrik harus disikapi dengan bijak, agar tagihan listrik bulanan Anda tidak membengkak. Berikut ini ada cara menjaga ruangan tetap dingin tanpa menghidupkan AC, namun ketika suhu musim panas telah datang, kelembaban udara membuat Anda bercucuran keringat. Agar kelembaban udara rumah Anda tetap terjaga, ada baiknya Anda mencoba tip berikut ini:

JENDELA RUMAH 
Membuka jendela rumah akan membuat suhu rumah Anda lebih hangat karena udara hangat dari sinar matahari akan masuk lebih banyak, pasanglah tirai atau tempatkan tanaman hias agar menyerap sebagian sinar matahari. Saat malam hari, udara di luar lebih dingin daripada di dalam rumah, bukalah jendela rumah Anda agar udara dingin di luar masuk ke dalam.

GUNAKAN KIPAS ANGIN 
Kipas angin langit-langit: Anda harus mengetahui putaran angin dari kipas tersebut. Saat musim panas arahkan putaran angin bertiup ke bawah, agar Anda dapat meraskan anginya, Anda juga dapat menggunakan kipas langit-langit di musim dingin untuk membuat updraft. Kipas angin digunakan untuk mendinginkan orang, bukan kamar, jadi matikan kipas saat Anda meninggalkan ruangan.

MAKAN MAKANAN DINGIN 
Sama seperti minum koktail dingin, bagus mendinginkan tubuh Anda, makan makanan yang dingin membantu menjaga suhu internal Anda lebih rendah di saat musim panas. Coba salad, semangka atau sup dingin. Jika Anda memasak, gunakan grill atau microwave - oven dan kompor hanya akan membuat dapur Anda lebih panas.

MATIKAN LAMPU 
Gunakan lampu modern yang berteknologi LED, ini juga lebih efisien dalam memberikan pencahayaan pada ruangan dibandingkan dengan pijar lampu tradisional yang menghasilkan panas lebih banyak. Namun ide yang paling bagus adalah mematikan lampu, selain menghemat energi listrik, juga akan menurunkan suhu panas ruangan secara alami di saat musim panas. Hal yang sama juga berlaku pada perangkat elektronik, cabut kabel yang menancap ke saklar, agar perangkat tersebut tidak menghasilkan panas.

PASANG INSULASI LOTENG 
Di saat kipas angin loteng tidak membatu mendinginkan rumah Anda secara signifikan, insulasi loteng dapat menjaga udara dingin di rumah Anda untuk mengeluarkan udara panas melalui langit-langit. Jika Anda memiliki pendingin udara central, pastikan untuk menutup saluran-saluran udara keluar – terutama pada ventilasi dan register – bila tidak Anda bisa kehilangan 20% udara dingin.

TANAM POHON 
Rumah Anda akan terasa panas karena hantaman sinar matahari, biarkan alam membantu mengurangi dampak sinar panas matahari dengan menanam pohon yang berdaun lebat di sebelah timur dan di sebelah barat pada pekarangan rumah Anda. Menam pohon selalu menjadi pertimbangan bagus selain menaungi dari panas yang terlalu tinggi, juga dapat menghasilkan banyak oksigen serta mengurangi dampak buruk lingkungan.

PASANG AWNING 
Seperti halnya pohon, memasang awning di rumah Anda dapat mengurangi udara panas saat musim panas dan menjaga suhu dingin pada rumah Anda. Selain itu, hal ini merupakan cara bagi Anda untuk dapat menghemat pengeluaran tagihan bila menggunakan perangkat elektronik pendingin udara.

 

Tips!

Atur ulang furnitur Anda, perhatikan sirkulasi udara agar tidak menghalangi ventilasi dan jendela. Periksa setiap hari perangkat elektronik, bila tidak digunakan dan masih ada yang tersambuk ke saklar, segera cabut. Perbanyak tanaman hias di pekarangan rumah, agar menghasilkan udara rumah yang sejuk.